PANCAKE DURIAN RUMAHAN



Assalamualaikum..Selamat pagi bunda semua..berjumpa lagi dengan saya di Melly kuliner. Saya kembali akan membagikan resep- resep sederhana dan praktis untuk bunda coba di rumah. Nah, kali ini saya akan membagikan satu resep olahan dari buah durian.

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah durian? Buah dengan aroma yang khas ini menjadi salah satu buah yang digemari oleh banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Tetapi beberapa orang ada yang tidak tahan dengan bau tajam yang dihasilkan oleh buah ini. Rasa manis dengan tekstur lembut dari daging buahnya mampu membuat kita ketagihan. Tak hanya lezat dimakan secara langsung dalam keadaan segar, durian juga sangat cocok dipadukan dengan berbagai sajian kekinian yang tengah popular. Di tempat saya di Aceh, biasanya kami menyantapndurian dengan ketan ataupun pulut bakar.


 Dalam beberapa hari belakangan ada berita viral tentang durian yang dijual dengan harga yang sangat mahal untuk sebuah durian yaitu 14 juta. Bunda- bunda di rumah juga pasti sempat melihat berita ini. Pertama kali saya akan membahas sedikit tentang durian berharga mahal ini. Durian ini dinamai durian J- Queen. Keunggulan dari durian ini adalah memiliki bentuk bulat sempurna dan terlihat enam garis jalur buah di dalamnya. Setiap buahnya tidak ada yang lonjong dan berbentuk bulat dengan warna kuning keemasan. Ciri khas dari durian ini adalah perpaduan rasanya yaitu perpaduan rasa kacang dan mentega juga rasa pahit dan manis khas duriannya seimbang. Durian ini hanya berbuah 3 tahun sekali dengan buah paling banyak 20 buah. Wajar kalau buah durian ini dibandrol dengan harga yang mahal.


Nah, durian bisa diolah menjadi berrbagai macam olahan seperti martabak, kolak, es krim dan masih banyak lagi. Tapi khusus hari ini saya akan membagi resep salah satu olahan dari durian yang tengah banyak diminati orang yaitu pancake durian. Bunda- bunda di rumah pasti tidak asing dengan makanan ini. Makanan ini banyak dijual dimana- mana. Nah, sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri di rumah bunda. Lebih bisa menghemat uang sekaligus menghemat waktu.

 Langsung saja, ini dia resepnya bunda..
Bahan- bahannya:
Untuk kulitnya:
  • 250 gr tepung terigu
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 600 ml susu cair
  • 30 gr margarin, cairkan
  • 3 macam pewarna, sesuai selera bunda, kalau saya pakai hijau, merah dan biru


Bahan vlanya:
  • 10 butir daging durian, ambil dagingnya
  • 400 ml susu cair
  • 1 butir kuning telur
  • 60 gr gula pasir
  • 40 gr tepung maizena, larutkan dengan setengah susu cair


Cara membuatnya:
Untuk kulitnya:
Dalam wadah, campur terigu, garam dan gula pasir. Aduk rata. Lalu masukkan telur, susu cair sedikit demi sedikit. Kocok pelan sampai rata. kocok dengan menggunakan whisker. Kalau sudah tercampur rata, tambahkan margarin yang sudah dicairkan, aduk lagi. Bagi adonan menjadi 3 bagian , aduk sampai rata warnanya. Ambil teflon dan panaskan. Lalu dadar tipis- tipis setiap adona dengan cara tuangkan 1sendok sayur, lalu ratakan dengan cara memutar teflon sampai rata. Lakukan sampai adonan habis.

Untuk vla nya:
Mixer durian, susu cair dan telur sampai daging durian halus. Lalu masukkan dalam panci. Tambahkan gula pasir dan masak di api kecil hingga mendidih. Tambahkan maizena, aduk sampai kental. Matikan kompor.
Ambil selembar kulitnya lalu tambahkan vla 1 sendok makan di bawah, lalu lipat seperti melipat dadar gulung. Siap untuk dinikmati. 


Itu dia bunda resep olahan durian dari saya. Selamat mencoba ya bunda..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PANCAKE DURIAN RUMAHAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel