PUDING LUMUT KEKINIAN



Selamat pagi Bunda di rumah. Bertemu lagi di blog saya Melly Kuliner. Hari ini saya akan kembali membagikan resep yang bisa bunda coba di rumah. Kali ini saya akan membuat makanan cuci mulut yang sangat nikmat dinikmatin. Selain menyegarkan, menyantap hidangan pencuci mulut juga dapat memanjakan lidah. Salah satu makanan pencuci mulut yang praktis yaitu puding. Pada umumnya, puding terbuat dari agar- agar sebagai bahan utama dengan aneka tambahan sehingga menghasilkan puding yang bervariasi. 
 

    Nah, kali ini saya akan membagikan resep puding yang tengah naik daun yaitu puding lumut. Kenapa disebut puding lumut? Itu karena ada bagian berwarna hijau yang bergumpal seperti bentuk lumut. Puding lumut yang sukses harus mempunyai tampilan lumut yang menyerupai karang. Lebih sukses lagi kalau pudingnya tidak terpisah antara lapisan bening dengan lapisan lumutnya. Kunci utama puding lumut dengan lumut yang tebal yaitu dengan penggunaan telur yang banyak dan santan yang kental. Puding lumut ini sangat cocok bunda buat untuk pesta, bisa juga sebagai pengganti kue ulang tahun untuk anak bunda. 

Langsung saja Bunda, ini dia resepnya:

Bahan- bahannya:
  • 1 bungkus agar- agar powder/ plain
  • 100 gr gula pasir, kalau mau manis bisa bunda tambahin
  • 10 lembar daun suji/ potong- potong
  • 10 lembar daun pandan/ potong- potong
  • 400 ml air
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa, santannya santan kental ya bun.. bunda bisa juga menggunakan santan instan


Langkah- langkahnya:
  1. Blender daun suji dan pandan yang telah dipotong- potong dengan 2 gelas air. Blender hingga keluar sari hijaunya. Lalu saring ampasnya.
  2. Dalam panci, masukkan agar- agar, gula pasir, garam, air sari daun suji dan pandan tadi serta telur yang telah dikocok. Aduk rata. 
  3. Tuangkan adonan santan, aduk lagi hingga santan tercampur rata dengan adonan puding
  4. Rebus adonan puding di atas api sedang hingga mendidih sambil diaduk- aduk agar semua bahan larut. Nantinya, semakin air mendidih maka adonan pudingnya akan semakin terpisah antara air dan gumpalan hijaunya
  5. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan puding beberapa saat. Jangan diaduk- aduk hingga terbentuk tekstur gumpalan sperti lumut.
  6. Matikan api, biarkan beberapa saat hingga uap panasnya hilang
  7. Siapkan cetakan dan tuangkan puding ke dalam cetakan, biarkan hingga agak dingin. Kalau sudah dingin masukkan ke dalam kulkas agar lebih cepat menggumpal dan lebih nikmat dinikmati.


Itu dia bund resep dari saya hari ini. Semoga bermanfaat bagi Bunda- bunda di rumah. Terimakasih. Tunggu resep- resep selanjutnya ya..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PUDING LUMUT KEKINIAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel