Tuesday, 5 February 2019

BAKSO SAPI BUATAN RUMAH



Assalamualaikum..selamat malam Bunda.. Apa kabarnya hari ini? Saya akan kembali membagikan resep- resep enak untuk bunda di rumah. Bunda pasti senang sekali memakan bakso kan? Nah, kali ini saya akan membagikan resep bakso yang mudah bunda buat sendiri di rumah.

Pertama, saya akan sedikit membahas tentang bakso. Bakso adalah jenis bola bola daging yang biasanya di temukan di Indonesia. Bakso biasanya terbuat dari campuran daging sapi giling yang dicampur dengan tepung tapioka atau tepung kanji. Tapi bakso tidak hanya terbiat dari daging sapi, ada juga bakso dari daging ayam,ikan ataupun udang. Bakso sendiri biasa disajikan panas- panas dengan kuah kaldu sapi yang bening dicampur sedikit bihun, tauge, tahu goreng dan ditaburi daun seledri dan bawang goreng.


Bakso termasuk salah satu makanan populer di Indonesia. Bakso bisa ditemukan dimana- mana, mulai dari gerobak- gerobak di samping jalan ataupun keliling sampai ke restoran- restoran besar. Bakso juga bisa dibuat bervariasi dengan diisi telur ayam, telur puyuh, cabai, ataupun sosis. Bakso di Indonesia juga bermacam- macam jenis mulai dari bakso urat, bakso beranak, bakso goreng, bakso bakar dan masih banyak lagi. Bakso juga tidak hanya enak dinikmati waktu musim hujan saja, tapi di musim panas pun makanan satu ini tetap digemari para pelannggan.
Kali ini saya akan membagikan resep bakso sederhana yang bisa bunda buat sendiri untuk keluarga bunda. Bisa menghemat waktu kan bunda?
Ini dia resepnya Bunda..
Untuk bahan baksonya:
  • 1/2 kg daging sapi, digiling sampai halus ya Bun
  • 100 gr tepung tapioka/ kanji
  • 1 butir telur
  • 50 gr es batu
  • 1/4 kg bawang putih, haluskan
  • 1 sdt lada bubuk


Untuk bahan kuahnya:
  • 1 buah tulang daging sapi, biasanya tulang kakinya yang diambil
  • 1/4 kg tetelan
  • 2 ltr air putih
  • 10 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2 sdm garam, kalau kurang bisa ditambah
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Daun bawang dan daun seledri secukupnya, potong kecil- kecil
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan


Cara membuat bakso sapinya
  1. Haluskan campuran es batu, bumbu bakso yang telah dihaluskan, dan daging sapi giling dengan menggunakan blender atau bunda bisa menggunakan alat khusus penghalus.
  2. Masukkan sedikit demi sedikit tepung kanji, campur hingga merata. Setelah rata, tuangkan adonan ini di wadah.
  3. Siapkan air panas di kompor. Masak hingga mendidih
  4. Lalu mulailah mencetak bakso dengan tangan. Caranya yaitu dengan menggenggam erat adonan bakso hingga keluar dari sela- sela jari. Lalu ambil dengan menggunakan sendok dan langsung dimasukkan kedalam air yang mendidih tadi sambil tetap dimasak. Lakukan sampai adonan bakso habis.
  5. Apabila adonan yang sudah kita masukkan kedalam air mendidih tadi sudah mengambang, maka berarti baksonya sudah matang dan langsung angkat.


Cara membuat kuahnya:
  1. Rebus terlebih dahulu air dalam panci
  2. Lalu masukkan tetelan dan tulang sapi. Masak hingga mendidih
  3. Haluskan bawang putih  bersama garam, lalu masukkan bumbu itu kedalam rebusan air tadi lalu masukkan lada bubuk. Aduk- aduk dan cicipi rasanya. Apabila masih kurang berasa tambahkan penyedap rasa dan cicipi lagi
  4. Apabila rasa kuahnya sudah pas, masukkan daun bawang dan daun seledri. Masak sesaat hingga  kuah mendidih


Nah, jika sudah siap kedua bahannya tinggal kita campur bakso dan kuahnya. Bunda juga bisa menambahkan rebusan tauge, bihun, dan juga tahu goreng untuk pelengkapnya. Jangan lupa taburi dengan bawang gorengnya ya bunda agar lebih wangi. Itu dia resep bakso ala rumah dari saya bunda. Selamat mencoba ya..


EmoticonEmoticon

Menu

KUE ULANG TAHUN (BIRTHDAY CAKE)

Assalamualaikum..selamat malam Bunda.berjumpa lagi dengan saya di Melly Kuliner. Malam hari ini saya akan membagikan resep kue ulang...