-->

Diet : Pengertian Menurut Ahli dan Macam-Macam Diet

Diet merupakan solusi bagi anda yang kelebihan berat badan dengan tujuan ingin menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan suatu kondisi tubuh yang rentang terkena penyakit. banyak penyebab terjadinya kelebihan berat badan, seperti: kebiasaan yang tidak sehat, ketidaksesuaian antara pemasukan kalori dan pengeluaran kalori.
Di Era Industri 4.0 kebiasaan duduk berjam-jam didepan laptop atau PC menyebabkan orang kurang aktifitas gerak sehingga rentan terjadi kegemukan dan juga resiko terkena penyakit. tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun lebih banyak menghabiskan waktu bermain game di smartphone mereka ketimbang bermain diluar, akibatnya banyak peserta didik yang memiliki kelebihan berat badan dan juga tingkat kebugaran yang rendah.

Solusi bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih adalah dengan diet, banyak program diet yang ditawarkan untuk dapat menurunkan berat badan, namun sebelum kita bahas tentang jenis diet maka terlebih dahulu akan kita bahas apa sih diet itu?

Pengertian Diet Menurut Pendapat Para Ahli

Diet pada umumnya adalah menjaga pola makan, namun sekarang ini banyak yang salah mengartikan diet itu sendiri, banyak yang melakukan diet dengan cara tidak makan, menyiksa tubuh dengan latihan-latihan ekstrem dan juga diet berbahaya lainnya. adapun beberapa pengertian Diet menurut beberapa Ahli adalah sebagai berikut:

Hartono mengungkapkan bahwa diet adalah pengaturan jumlah serta jenis makanan dengan tujuan tertentu, seperti untuk mempertahankan kesehatan dan juga status nutrisi serta dapat membantu menyembuhkan segala macam penyakit.

Luxboy Menyebutkan diet Merupakan  diet cara untuk mendapatkan tubuh sehat yang terdiri atas semua elemen, seperti makanan yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur fungsi tubuh.

Hartantri Menjelaskan pengertian diet adalah sebagai kebiasaan yang diperbolehkan dalam arti makanan serta minuman untuk dapat dikonsumsi oleh seseorang setiap harinya. Terutama yang di rencanakan khusus untuk mendapatkan tujuan tertentu. 

Menurut KBBI Diet merupakan aturan makanan khusus untuk tujuan kesehatan, dan dapat dilakukan menurut instruksi dokter atau pun konsultan yang mengerti dibidangnya.

Mangoen Prasodjo Mengungkapkan diet adalah suat cara yang lebih menekankan perubahan dengan jenis makanan, jumlah dan juga seberapa sering orang makan serta dipadukan dengan program lainnya.

Berdasarkan Beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan diet adalah suatu cara yang dilakukan untuk mencapat tujuan supaya sehat, menurunkan berat badan dengan cara mengatur pola makan yang sesuai dengan status nutrisi yang diperlukan.


Macam-macam Diet

Program diet sendiri sangat banyak jumlahnya, berikut beberapa program diet yang terkenal kami rangkumkan dengan tujuan supaya anda dapat memilih diet yang cocok digunakan untuk tujuan yang diinginkan.

1. Diet OCD
Diet OCD merupakan diet yang diciptakan oleh Deddy Corbuzier, merupakan kepanjangan dari Obsessive Corbuzier Diet (OCD). diet ini sangat populer di Indonesia karena caranya termasuk sangat mudah, anda dapat makan apapun selagi dalam program diet anda.
Diet OCD ini adalah dengan cara membagi jendela makan, mulai dari jendela makan 8 jam, 6 jam, dan 4 jam. artinya anda diperbolehkan makan dalam waktu tersebut, sebagai contoh, anda mengambil jendela makan 4 jam, pagi anda tidak boleh sarapan, air putih boleh atau teh tanpa gula, pada siangnya anda sudah boleh masuk ke jendela makan 4 jam. contoh anda mulai makan jam 12, berarti jam 12 sampai jam 4 anda boleh makan apapun. lewat jam 4 anda masuk puasa lagi hanya air putih yang boleh.

2. Diet IU
Diet IU adalah diet yang dipopulerkan oleh artis korea yang bernama Le Ji Eun atau IU. diet ini terbilang ekstrem kalau menurut penulis karena menunya. namun banyak yang sudah menurunkan berat badan dengan menjalani diet IU ini
Diet IU juga dengan cara mengganti pola makan. menunya adalah sebagai berikut: pagi hanya makan 1 apel, siang makan 1 Ubi dan malam cuma konsumsi protein shake. Kalori yang dikonsusi perhari dari diet ini adalah sekitar 700 kalori. sedangkan kebutuhan orang dewasa pada umumnya adalah 2000 untuk wanita dan 2500 untuk pria.

3. Diet Keto
Diet selanjutnya yang diklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat adalah diet keto, diet keto merupakan diet yang mengurangi konsumsi karbohidrat tetapi meningkatkan jumlah protein dan lemak. 

Tujuan dari mengkonsumsi lemak dalam program diet keto adalah supaya tubuh sampai pada kondisi ketosis.sehingga tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi utama. dan juga Lemak akan diubah menjadi keton pada hati, sehingga memberi suplai energi untuk otak.

4. Diet Mayo
Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic. Diet mayo terdiri dari 2 fase yaitu fase lose it dan live it, artinya pada fase lose it Kebiasaan pola makan tidak baik anda akan diganti dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur. 

Fase Live it. Anda harus semakin giat dalam melakukan olahraga dan juga membuat plan menu makanan yang sesuai, baik itu jenis menur makanan, ukuran porsi, Serta konsisten pada kebiasaan yang sehat. Fase ini juga melatih kebiasaan sehingga menjadi rutinitas yang dapat mempertahankan berat badan ideal.

5. Diet DEBM
Diet DEBM merupakan diet yang sedang viral di istragram, karena diet ini telah banyak menurunkan berat badan bagi pelakunya. Diet DEBM sendiri merupakan kepanjangan dari Diet Enak Bahagia menyenangkan yang di ciptakan oleh Robert Hendrik Liembono

Diet DEBM hampir sama dengan dengan diet Keto, karena asupan karbohidratnya sangat dikurangi, hanya konsumsi protein dan lemak yang di perbolehkan. beberapa buah yang menjadi pantangan dari diet ini seperti pepaya, pisang dan semangka, untuk makanan lain seperti nasi, roti, minuman manis atau yang banyak gula juga dilarang.

Makanan yang diperbolehkan dan juga dianjurkan dari diet ini adalah seperti telur, buah alpukat, daging, untuk mie instan hanya boleh kuahnya saja, mienya tidak boleh. dan lain sebagainya.

Bagaimana? diet mana yang menjadi favorit anda??

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Diet : Pengertian Menurut Ahli dan Macam-Macam Diet"

Post a comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel