-->

Makanan Sehat; Pengertian dan Jenis makanan Sehat


Pada zaman sekarang ini sangat susah menghidari Makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji lainnya. junk food ini berkembang sangat pesat yang susah untuk dihindari, terlebih bagi sebagian besar orang yang malas untuk masak, menyebabkan lebih senang mengkonsumsi junk food, karena lebih simple.

Kebiasaan mengkonsumsi junk food harus dihindari karena itu merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Tubuh kita memerlukan makanan sehat untuk dapat menjaga kondisi fisik setelah seharian melakukan aktifitas. Banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi makanan sehat, salah satunya tubuh akan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Jenis Makanan Sehat harus dikenali oleh semua orang, supaya dapat memilah dan memilih makanan yang cocok dihidangkan untuk keluarga tercinta. Banyak makanan sehat yang mudah dijumpai dan harganya pun tergolong murah, seperti sayur-sayuran, buah-buahan.

Pengertian Makanan Sehat

Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup sesuai kebutuhan tubuh, memiliki gizi yang seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan juga lemak. Makanan sehat idealnya mengandung 4 sehat 5 sempurna. 

Makanan sehat sangat banyak jenisnya, mengkonsumsinya dapat divariasikan sehingga nutrisi yang diterima tubuh cukup dan keperluan gizi untuk tubuh terpenuhi. Selain Nutrisi dan gizi yang seimbang, makanan sehat juga harus terjaga kebersihannya dari unsur -unsur yang kotor dan membahayakan.

Jenis-jenis Makanan Sehat

Jenis-jenis makanan Sehat beragam macam, berikut beberapa jenis makanan sehat yang dapat anda konsumsi untuk memenuhi kandungan gizi yang diperlukan tubuh, yaitu diantaranya adalah

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap, dan menempati urutan jenis makanan sehat yang pertama. sayuran hijau sangat penting kegunaannya jika sering dikonsumsi dan harganya pun tidak banyak menguras kantong, karena dapat ditanam diperkarangan rumah. 

Jenis-jenis sayuran hijau yang banyak mempunyai kandungan nutrisi lengkap diantaranya yaitu; bayam, sawi hijau, dan brokoli. Brokoli sendiri merupakan jenis sayuran yang tidak disukai dari rasanya, namun kandungan dari brokoli ini sangat beragam nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh.

2. Buah-buahan

Buah-buahan juga sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungannya kaya akan vitamin dengan kadar gula rendah, yang baik untuk memenuhi nutrisi kesehatan tubuh. beberapa buah yang mempunyai nutrisi dan vitamin adalah sebagai berikut;
  • Pisang, mempunyai kandungan serat dan juga sumber kalium kalium sangat berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada di tubuh serta untuk mengendalikan tekanan darah. selain itu Kalium sangat penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf.
  • Jeruk, mempunyai kandungan vitamin C. vitamin C sangat banyak kegunaannya seperti menghindari sariawan, mencegah kanker, menurunkan resiko penyakit jantung, menambah mood, dan juga dapat mencegah penuaan dini.
  • Apel, mempunyai kandungan Andioksidan yang tinggi, vitamin C, dan juga kandungan serat yang sangat baik dikonsomsi untuk kesehatan tubuh.
  • Alpukat, mempunyai kandungan kalium, vitamin C dan juga lemak baik atau lemak tidak jenuh.

3. Daging dan Telur

Daging dan telur merupakan makanan sehat yang mengandung nutrisi lengkap dan juga banyak protein yang sangat baik untuk mengganti sel-sel yang rusak sehabis beraktifitas berat, potein ini juga untuk zat pembangun dan pengatur tubuh.

Daging dan telur juga merupakan makanan yang enak dan lezat yang disukai oleh semua orang, terutama jika diolah dengan baik. banyak menu yang dapat diolah dari 2 bahan ini, seperti kari, rendang, dan bisteak.


4. Kacang-kacangan

Pada nomor urung yang keempat ada kacang-kacangan, kacang-kacangan ini adalah suatu jenis makanan sehat yang juga kaya akan protein yang mempunyai rasa renyah serta banyak  akan kandungan nutrisi, juga mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti magnesium dan juga vitamin E. 

Pada orang-orang yang vegetarian biasanya untuk mencukupi kebutuhan protein mereka mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai protein nabati menggantikan protein dari daging dan telur atau protein hewani.


5. Ikan

Pemerintah telah menggalakkan program ayo makan ikan, ternyata banyak keuntungan dari memakan ikan, ikan sendiri merupakan suatu jenis makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi seperti lemak omega-3 dan juga yodium. sering mengkonsumsi ikan juga akan menurunkan resiko penyakit jantung dan juga menambah kecerdasan.

6. Susu

Pada urutan terakhir atau pelengkap nutrisi adalah Susu. Susu merupakan jenis makanan atau minuman sehat yang kaya akan kandungan mineral yang tinggi, juga protein hewani, serta lemak tak jenuh dan banyak vitamin. tak lupa juga kandungan kalsium dengan kadar tinggi yang terkandung dalam susu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan Sehat; Pengertian dan Jenis makanan Sehat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel