Langsung ke konten utama

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Defisit Kalori

Hampir semua orang memimpikan tubuh ideal, bahkan banyak orang yang latihan mati-matian agar dapat membentuk otot sixpack. pada dasarnya semua orang mempunyai otot perut sixpack, hanya saja sebagian orang tertutupi oleh lemak, sehingga sekeras apapun anda latihan kalau tidak ada defisit kalori akan percuma, latihan keras siang hari malamnya makan berat, balas dendam makannya. 

Namun jangan pula anda diet dengan membatasi asupan makanan secara berlebihan. hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. diet seharusnya dapat membawa efek positif bagi yang melakukannya bukan malah menjadi efek negatif yang menyebabkan harus masuk rumah sakit.

Berapa Kalori Yang Diperlukan Untuk Menurunkan Berat Badan?

Pada Dasarnya kalori yang dibutuhkan oleh wanita rata-rata 2000 kalori perharinya, sedangkan kalori yang diperlukan oleh laki-laki rata-rata 2500 kalori perharinya. untuk dapat menurunkan berat badan anda perlu mengurangi setidaknya 500 kalori setiap harinya. sehingga asupan kalori wanita rata-rata menjadi 1500 kalori perhari dan asupan kalori untuk laki-laki menjadi 2000 kalori perharinya.

Diet yang sehat dan aman untuk dilakukan adalah dengan olahraga teratur dan mengatur defisit kalori. namun yang harus diperhatikan diet bukan berarti tidak makan. namun hanya membatasi sedikit asupan kalori.

Untuk menghitung asupan kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh ada beberapa faktor yang diperlukan seperti tinggi badan, berat badan, usia, tingkat aktivitas dan lain sebagainya. anda dapat menggunakan aplikasi kalkulator kalori yang ada google atau playstore dan juga lebih tepatnya anda bisa mengunjungi ahli gizi.

Cara Menjaga Pola Makan

ada beberapa cara untuk dapat menurunkan berat badan dengan cara defisit kalori. adapun cara menjaga pola makan adalah sebagai berikut;

1. Kurangi Karbohidrat
karbohidrat merupakan sumber energi utama, mengurangi karbohidrat tidak akan membuat anda lemas, karena karbohidrat bukan satu-satunya sumber energi, ketika anda mengurangi karbohidrat maka tubuh akan mencari cadangan energi yaitu lemak yang akan dibakar menjadi energi.

2. Minum Air Putih
Idealnya seseorang harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. minum satu gelas air putih sebelum makan dapat membantu mengurangi rasa lapar sehingga anda tidak akan makan banyak.

3. Perbanyak mengkonsumsi Protein
Protein dapat membantu mengganti sel-sel yang rusak sehabis berolahraga, protein juga berfungsi membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. dengan mengkonsumsi protein seperti putih telur, kacang hijau atau dada ayam kukus maka akan membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga membentuk masa otot.

4. Kurangi Makan yang Manis
Bagi anda yang sedang diet, sebaiknya menghindari makanan yang manis. Makanan yang manis mengandung banyak gulu atau banyak kalori yang tidak baik untuk kesehatan tumbuh. Orang yang sering mengkonsumsi makanan manis akan besar kemungkinan terkena diabetes, walaupun tidak semua makan yang manis itu berbahaya, namun tidak ada salahnya menghindari jika untuk kesehatan.

Postingan populer dari blog ini

9 Tempat Kuliner Enak Di Bireuen Yang Bikin Ketagihan

Bireuen adalah salah satu daerah yang ada di pertengahan antara Banda Aceh dan Medan,  Bireuen sendiri merupakan nama sebuah kota yang ada di Provinsi Aceh, Indonesia, termasuk salah satu diantara kota terbesar yang ada di Aceh.  Dikutip dari wikipedia Kota Bireuen dulunya juga di lintasi oleh jalur kereta Api dari Banda Aceh - Medan. Kota Bireuen meliputi kecamatan Kota Juang, kecamatan Kuala, kecamatan Jeumpa dan kecamatan Juli. Jika anda berkunjung ke kota bireuen namun bingung ingin makan apa? ngga usah sedih. pada postingan kali melykuliner akan mengupas 9 Tempat Makan Enak yang wajib anda coba jika berkunjung ke Bireuen.  9 Daftar Tempat Makan Enak Di Bireuen Berikut ini beberapa daftar tempat makanan yang enak yang ada di Bireuen yang telah melykuliner rangkum sebagai berikut: 1. Sate Apaleh Geurugok Sate apaleh Geurugok merupakan tempat makan paling terkenal di Bireuen. kalau anda ke bireuen anda mesti mencoba makanan yang satu ini. Alamat: Jln. Lintas, Jl. Medan - Banda Aceh,

Pengertian Minat dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat

Minat adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Minat tidak termasuk istilah populer dalam psikologi karena ketergantungannya yang banyak pada faktor-faktor internal lainnya seperti: pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi, dan kebutuhan. Namun, terlepas dari masalah populer atau tidak, minat seperti yang dipahami dan dipakai oleh orang selama ini dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar  dalam bidang-bidang studi tertentu. Penulis menyimpulkan bahwa minat merupakan dorongan yang terlahir akibat suatu rangsangan ketertarikan pada sesuatu, yang sangat disenangi dan membuat diri kita bangga akan hal itu baik itu pekerjaan, kegiatan olahraga dan objek apa saja yang nyaman dan digemari. Pengertian Minat Menurut Pendapat Ahli Menurut Mapiare (1982:62) “minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pengertian, prasangka atau kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada pil

Pengertian dan Prinsip Penyusunan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran mempunyai kedudukan penting terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran yang sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Guru atau pendidik harus mampu menyusun atau merumuskan materi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip penyusuran materi pembelajaran itu sendiri..Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pengertian dan juga prinsip-prinsip penyusunan materi pembelajaran. Pengertian Materi Pembelajaran Materi pembelajaran merupakan bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi. Menurut National Center for Vocational Education Research Ltd ada tiga pengertian materi pembelajaran yaitu: 1) merupakan informasi, alat dan teks yang dip