-->

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Defisit Kalori

Hampir semua orang memimpikan tubuh ideal, bahkan banyak orang yang latihan mati-matian agar dapat membentuk otot sixpack. pada dasarnya semua orang mempunyai otot perut sixpack, hanya saja sebagian orang tertutupi oleh lemak, sehingga sekeras apapun anda latihan kalau tidak ada defisit kalori akan percuma, latihan keras siang hari malamnya makan berat, balas dendam makannya. 

Namun jangan pula anda diet dengan membatasi asupan makanan secara berlebihan. hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. diet seharusnya dapat membawa efek positif bagi yang melakukannya bukan malah menjadi efek negatif yang menyebabkan harus masuk rumah sakit.

Berapa Kalori Yang Diperlukan Untuk Menurunkan Berat Badan?

Pada Dasarnya kalori yang dibutuhkan oleh wanita rata-rata 2000 kalori perharinya, sedangkan kalori yang diperlukan oleh laki-laki rata-rata 2500 kalori perharinya. untuk dapat menurunkan berat badan anda perlu mengurangi setidaknya 500 kalori setiap harinya. sehingga asupan kalori wanita rata-rata menjadi 1500 kalori perhari dan asupan kalori untuk laki-laki menjadi 2000 kalori perharinya.

Diet yang sehat dan aman untuk dilakukan adalah dengan olahraga teratur dan mengatur defisit kalori. namun yang harus diperhatikan diet bukan berarti tidak makan. namun hanya membatasi sedikit asupan kalori.

Untuk menghitung asupan kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh ada beberapa faktor yang diperlukan seperti tinggi badan, berat badan, usia, tingkat aktivitas dan lain sebagainya. anda dapat menggunakan aplikasi kalkulator kalori yang ada google atau playstore dan juga lebih tepatnya anda bisa mengunjungi ahli gizi.

Cara Menjaga Pola Makan

ada beberapa cara untuk dapat menurunkan berat badan dengan cara defisit kalori. adapun cara menjaga pola makan adalah sebagai berikut;

1. Kurangi Karbohidrat
karbohidrat merupakan sumber energi utama, mengurangi karbohidrat tidak akan membuat anda lemas, karena karbohidrat bukan satu-satunya sumber energi, ketika anda mengurangi karbohidrat maka tubuh akan mencari cadangan energi yaitu lemak yang akan dibakar menjadi energi.

2. Minum Air Putih
Idealnya seseorang harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. minum satu gelas air putih sebelum makan dapat membantu mengurangi rasa lapar sehingga anda tidak akan makan banyak.

3. Perbanyak mengkonsumsi Protein
Protein dapat membantu mengganti sel-sel yang rusak sehabis berolahraga, protein juga berfungsi membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. dengan mengkonsumsi protein seperti putih telur, kacang hijau atau dada ayam kukus maka akan membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga membentuk masa otot.

4. Kurangi Makan yang Manis
Bagi anda yang sedang diet, sebaiknya menghindari makanan yang manis. Makanan yang manis mengandung banyak gulu atau banyak kalori yang tidak baik untuk kesehatan tumbuh. Orang yang sering mengkonsumsi makanan manis akan besar kemungkinan terkena diabetes, walaupun tidak semua makan yang manis itu berbahaya, namun tidak ada salahnya menghindari jika untuk kesehatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menurunkan Berat Badan dengan Cara Defisit Kalori"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel