-->

Passing Grade CPNS 2019 Diturunkan, Peluang Besar Bagi Anak Bangsa

CPNS merupakan cita-cita sebagian besar anak muda sekarang ini. mungkin gaji ASN tidak seberapa, tetapi dengan menjadi ASN minimal setiap bulannya sudah dapat gaji bulanan. Bahkan ada ungkapan kalau bukan ASN belum kerja namanya, belum lagi SK keramat yang dapat disekolahkan di Bank, artinya dengan SK ASN kita bisa mengambil uang pinjaman di Bank untuk segala kebutuhan, baik untuk modal usaha maupun keperluan lainnya.

Namun untuk lulus CPNS tidak semudah yang dibayangkan, bukan pula sebuah hal yang mustahil, perlu kegigihan untuk dapat menjawab soal-soalnya. adapun nilai passing grade CPNS tahun 2019 sebagai berikut;

Berapa Passing Grade CPNS Tahun 2019 

Passing Grade untuk tahun 2019 resmi diturunkan dengan dirilisnya aturan tentang passing grade atau ambang batang kelulusan pada seleksi SKD (seleksi kompetensi dasar) oleh  Menpan-RB .  

Adapun yang termaksud pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD memuat nilai passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai 126, Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan nilai 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai 65. 

Nilai passing grade tersebut hampir sama dengan nilai passing grade tes CPNS pada tahun 2017, Namun ketentuan nilai ambang batas diatas tidak berlaku bagi formasi khusus, yang meliputi putra/putri lulusan cumlaude, diaspora, penyandang disabilitas, dan putra/putri Papua dan Papua Barat.

Nilai ambang batas SKD bagi Putra dan Putri Lulusan Terbaik Berpredikat CumLaude dan Diaspora minimal dengan nilai 271, dengan nilai TIU sebesar 85. 
Dan nilai passing grade SKD untuk Penyandang Disabilitas dengan nilai 260, dan nilai TIU sebesar 70.

Sedangkan untuk passing grade SKD Putra/Putri Papua dan Papua Barat sebesar 260, dengan jumlah nilai TIU senilai 60.


Tips and Trik Menjawab Soal SKD CPNS

Soal CPNS terdiri dari 100 soal dengan waktu 90 menit, artinya anda punya waktu 1,11 menit untuk menjawab 1 soal. Tes CPNS menggunakan sistem CAT, soal SKD CPNS terdiri dari 3 aspek yaitu; TWK, TIU, dan TKP.  

TWK merupakan wawasan kebangsaan, untuk dapat menjawab  soal TWK anda harus banyak membaca tentang nasionalisme atau wawasan kebangsaan biasanya dibuku PKN anak SMP, SMA banyak. anda juga harus banyak googling seperti tahun-tahun bersejarah, perang/ pemberontakan, dan juga hafal UUD serta tahu tentang revisi UUD serta UUDris.

TIU merupakan soal tentang kecerdasan umum, soal ini biasanya tentang deret, aritmatika, kecerdasan verbal, mencocok gambar, sinonim, antonim, ide pokok dan sebagainya

TKP adalah tes tentang integritas anda, anda akan ditanya tentang studi kasus apa yang anda lakukan jika ada kejadian teman bolos, atau kerja diluar tupoksi anda. jadi untuk menjawab ini jawablah jawaban yang terbaik diantara pilihan jawaban lainnya tidak sama dengan kepribadian anda tidak masalah. TKP soal yang menggunakan skala likert yaitu terdiri dari 5 pilihan jawaban, tidak ada yang salah dari semua jawaban, hanya ada nilai 5,4,3,2,1.

Menjawab Soal SKD CPNS harus benar-benar diperhatikan waktu karena waktu yang sangat singkat apalagi soal TKP dengan wacana yang sangat panjang. 

Naah untuk menjawab semua itu triknya adalah jawablah 15 soal TWK yang menurut anda paling benar, setelah 15 soal tersebut langsung beralih ke soal TIU, dan jawablah soal TIU 16 soal yang anda yakin benar, selanjutnya segera beralih kesoal TKP. jawablah semua soal TKP, dalam menjawab soal TKP bacalah jawabannya terlebih dahulu agar tidak banyak pengulangan baca soal. setelah soal TKP selesai kebali lagi ke sisa soal TWK dan TIU yang belum anda jawab.

Demikian sedikit tips dari penulis semoga sukses dalam mengikuti seleksi CPNS. jangan lupa berdoa dan meminta doa restu Ibu. doa ibu sangat manjur untuk segala urusan, karena ridha ibu adalah ridha Allah.. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Passing Grade CPNS 2019 Diturunkan, Peluang Besar Bagi Anak Bangsa"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel