-->

Surah Al Kahfi; Kisah Ashabul Kahfi dan Keutamaan Membacanya

Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan sedikit informasi atau pelajaran dengan harapan dapat berguna untuk para pembaca sekalian. Artikel yang akan penulis bagikan yaitu tentang manfaat dari membaca Al-Qur'an. Khususnya pembahasan ini tentang beberapa keutamaan membaca dan menghafal salah satu surah dalam Al Qur'an yaitu surah Al Kahfi. 

Al Kahfi merupakan salah satu surah makkiyah, dinamakan dengan surah makkiyah karena surah ini diturunkan di Makkah. Al Kahfi merupakan surat ke 18 dalam mushaf Al Qur'an dengan arti Gua atau penghuni Gua. Kandungan dari surah Al Kahfi berkaitan dengan kekuasaan Tuhan yaitu menceritakan tiga kisah penting, yaitu kisah Ashabul Kahfi, Kisah Nabi Musa As dengan Nabi Khaidir, dan kisah Zulkarnain.

Kisah Ashabul Kahfi

Banyak pelajaran penting yang dapat diambil dari ketiga kisah tersebut, kisah Ashabul kahfi sendiri menceritakan pemuda berimanketa'atan yang luar biasa yang menentang raja zalim, banyak pendapat akan jumlah pemuda tersebut, ada yang berpendapat 7 orang pemuda dan yang ke 8 adalah anjing. ketujuh pemuda bersama anjing tersebut lari dan bersembunyi dalam sebuah gua, dalam keadaan bersembunyi mereka berdoa kepada Allah, "Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami." QS Al Kahf ayat 10.

Dalam keadaan bersembunyi dengan kekuasaan Allah SWT mereka tertidur dalam waktu yang sangat lama yaitu 309 tahun lamanya, diceritakan dalam Al Qur'an mereka tidur, Allah bola bolikkan mereka kekanan dan kekiri, sedangkan anjing mereka membentangkan kedua lengannya didepan pintu gua, ketika ada yang melihat mereka niscaya akan lari dengan rasa takut. Kemudian Allah bangunkan pemuda-pemuda tersebut pada zaman raja yang adil, para pemuda bertanya-tanya tentang lamanya mereka tidur. Selanjutnya salah satu dari mereka pergi ke pasar untuk membelikan makanan dengan membawa perak (uang). sehingga diketahui oleh masyarakat bahwa mereka pemuda yang menghindari raja yang sangat zalimi. 

Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi

Ada hadist yang menyebutkan beberapa keutamaan membaca surah Kahfi yang harus diyakini kebenarannya. yaitu;

1. Mendapatkan Ridha Allah
Pada dasarnya semua ayat dalam Al Qur'an jika dibaca dengan benar akan diberikan ganjaran berupa pahala, dan juga mendapatkan ridha Allah.

2. Disinari Cahaya pada 2 Jum'at (diberikan kebaikan)
Ada hadist yang menyebutkan barangsiapa membaca surah alkahfi pada hari malam atau hari jum'at maka akan disinari cahaya pada 2 jum'at. Adapun arti hadistnya sebagai berikut;
Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

3. Terhindar dari Fitnah Dajjal
Dajjal merupakan makhluk akhir zaman yang akan menyesatkan manusia, fitnah dajjal ini sangat susah untuk dihindari. oleh karena itu kita dianjurkan sering-sering membaca surah alkahfi. dan dianjurkan pula menghafal 10 ayat pertama dari surah Al Kahfi dengan keutamaannya menghindari dari fitnah dajjal.

Berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 809, dari Abu Darda' radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).

Demikian Beberapa keutamaan dari Membaca Surah Alkahfi, semoga semakin termotivasi bagi para pembaca sekalian untuk lebih sering membaca Al Qur'an. Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Surah Al Kahfi; Kisah Ashabul Kahfi dan Keutamaan Membacanya"

Post a comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel