Langsung ke konten utama

Haruskah Siswa yang Tidak Bisa Membaca Tinggal Kelas?

Postingan kali ini penulis tertarik ingin membahas tentang fenomena yang terjadi di dunia pendidikan, terutama di ruang lingkup penulis mengajar, ternyata Banyak Siswa yang masih tidak bisa membaca dan ini bukan di Sekolah Dasar, tetapi terjadi di Sekolah Menengah Pertama (SMP). tentunya pertama kali penulis ditugaskan ke Sekolah tersebut terasa kaget, serasa tidak mungkin peserta didik yang telah usia SMP masih tidak bisa menulis dan membaca, bahkan ada yang tulis nama sendiri pun nyontek ke teman disebelahnya.

Awalnya penulis hanya berfikir ini merupakan kelalaian guru SD hingga peserta didik ini bisa lulus dan melanjutkan ke jenjang SMP, namun seiring waktu berlalu pemikiran tersebutpun berubah, hal ini dikarenakan kami guru SMP membuat program Calistung untuk siswa yang tidak bisa menulis dan membaca ini, setiap hari kami mengenalkan huruf dan cara membaca, namun peserta didik ini memang susah merangkai huruf menjadi kata. sedangkan untuk menulis mereka mampu, berhitungpun bisa. 

Setelah hampir 1 semester kami ajarkan cara membaca tetapi tidak ada perubahan, namun apakah boleh tinggal kelas hanya karena tidak bisa membaca? supaya lebih yakin belajar.

Penulis sebagai guru sendiri tidak setuju jika peserta didik seperti ini harus tinggal kelas, karena peserta didik yang tidak bisa membaca juga mempunyai potensi lain, mungkin di pelajaran UN mereka lemah, tetapi pelajaran PJOK dan kesenian rata-rata bereka lebih tampil. di tambah beberapa siswa atau peserta didik yang penulis wawancara tentang kegiatan sehari-hari di rumah, rata-rata mereka mencari uang sendiri, ada juga yang kreatif mencari uang seperti membuat layang-layangan dan menjualnya, jadi kesulitan ini tidak menjamin mereka tidak akan sukses. jadi untuk apa kita tahan mereka untuk tidak naik kelas. 

Peserta didik ini termasuk kedalam peserta didik yang kesulitan belajar atau anak berkebutuhan khusus, anak berkebutuhan khusus tidak hanya bersifat kecacatan fisik atau organ tubuh lainnya, kesulitan belajar juga termasuk kedalamnya. peserta didik yang kesulitan belajar dalam hal ini tidak bisa membaca jangan terlalu dipaksa membaca, tetapi untuk menerima pelajaran yang diberikan guru bisa melalui visual, yaitu dapat dengan bercerita atau ceramah.

Peserta didik kesulitan belajar ini harus ada instrumen sendiri supaya proses belajar mengajar dapat berjalan lancar, namun hal ini juga tidak mudah, karena beberapa sekolah penyelenggara sekolah inklusi kekurangan guru, untuk siswa pada umumnya saja kekurangan guru apalagi harus ditambah dengan tugas inklusi ini.


Postingan populer dari blog ini

9 Tempat Kuliner Enak Di Bireuen Yang Bikin Ketagihan

Bireuen adalah salah satu daerah yang ada di pertengahan antara Banda Aceh dan Medan,  Bireuen sendiri merupakan nama sebuah kota yang ada di Provinsi Aceh, Indonesia, termasuk salah satu diantara kota terbesar yang ada di Aceh.  Dikutip dari wikipedia Kota Bireuen dulunya juga di lintasi oleh jalur kereta Api dari Banda Aceh - Medan. Kota Bireuen meliputi kecamatan Kota Juang, kecamatan Kuala, kecamatan Jeumpa dan kecamatan Juli. Jika anda berkunjung ke kota bireuen namun bingung ingin makan apa? ngga usah sedih. pada postingan kali melykuliner akan mengupas 9 Tempat Makan Enak yang wajib anda coba jika berkunjung ke Bireuen.  9 Daftar Tempat Makan Enak Di Bireuen Berikut ini beberapa daftar tempat makanan yang enak yang ada di Bireuen yang telah melykuliner rangkum sebagai berikut: 1. Sate Apaleh Geurugok Sate apaleh Geurugok merupakan tempat makan paling terkenal di Bireuen. kalau anda ke bireuen anda mesti mencoba makanan yang satu ini. Alamat: Jln. Lintas, Jl. Medan - Banda Aceh,

Pengertian Minat dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat

Minat adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Minat tidak termasuk istilah populer dalam psikologi karena ketergantungannya yang banyak pada faktor-faktor internal lainnya seperti: pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi, dan kebutuhan. Namun, terlepas dari masalah populer atau tidak, minat seperti yang dipahami dan dipakai oleh orang selama ini dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar  dalam bidang-bidang studi tertentu. Penulis menyimpulkan bahwa minat merupakan dorongan yang terlahir akibat suatu rangsangan ketertarikan pada sesuatu, yang sangat disenangi dan membuat diri kita bangga akan hal itu baik itu pekerjaan, kegiatan olahraga dan objek apa saja yang nyaman dan digemari. Pengertian Minat Menurut Pendapat Ahli Menurut Mapiare (1982:62) “minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pengertian, prasangka atau kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada pil

Pengertian dan Prinsip Penyusunan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran mempunyai kedudukan penting terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran yang sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Guru atau pendidik harus mampu menyusun atau merumuskan materi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip penyusuran materi pembelajaran itu sendiri..Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pengertian dan juga prinsip-prinsip penyusunan materi pembelajaran. Pengertian Materi Pembelajaran Materi pembelajaran merupakan bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi. Menurut National Center for Vocational Education Research Ltd ada tiga pengertian materi pembelajaran yaitu: 1) merupakan informasi, alat dan teks yang dip