-->

Pengertian Manajemen Menurut Pendapat Ahli


Manajemen merupakan cara bagaimana seseorang mengatur sesuatu dalam pekerjaan sehari-hari, dengan adanya manajemen ini kita dapat memudahkan mengerjakan suatu pekerjaan tanpa mengalami kesulitan.

Berdasarkan etimologinya. Manajemen berarti sebagai seni mengatur dan melaksanakan, berdasarkan Bahasa Prancis kuno. Manajemen juga dapat diartikan sebagai usaha perencanaan, koordinasi, serta pengaturan sumber daya yang ada demi mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Secara umum, manajemen merupakan suatu proses di mana seseorang bisa mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh perorangan maupun kelompok. Manajemen sangat perlu dilakukan untuk mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif dengan menggunakan sumber daya yang tersedia.

berdasarkan pengertian tersebut, ilmu manajemen bisa juga diartikan sebagai kemampuan dalam mengatur sesuatu supaya tujuan yang diharapan dapat dicapai. sebenarnya, hal ini sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Setiap orang juga pasti pernah mempraktikkan ilmu manajemen secara tidak langsung setiap harinya.

Pengertian Manajemen Menurut Pendapat Para Ahli

Megginson, Mosley dan Pietri mengartikan manajemen sebagai pekerjaan yang melibatkan sumber daya manusia, keuangan dan fisik untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan fungsi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian.

Lawrence A. Appley Menyebutkan manajemen sebagai keahlian dalam membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu. Tak harus seseorang, keahlian manajemen juga dapat dimiliki oleh organisasi maupun kelompok.

Sementara Kreitner mengemukakan bahwa manajemen adalah proses penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya secara efisien sesuai dengan perkembangan.

George Robert Terry Mengemukakan manajemen sebagai proses khas dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Seluruh tindakan tersebut bertujuan mencapai target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia.

Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Efektif di sini maksudnya tujuan tercapai sesuai rencana, dan efisien berarti bahwa manajemen dilakukan secara cermat, terorganisir, dan tepat waktu.

Van Fleet dan Peterson mendefinisikan manajemen sebagai serangkaian kegiatan yang diarahkan pada pemanfaatan sumber daya secara efisien dan efektif dalam mengejar satu atau lebih tujuan.

Hilman berpendapat bahwa manajemen merupakan fungsi untuk mencapai suatu target melalui perantara, serta melakukan pengawasan. Dengan begitu, tujuan dapat tercapai bersama.

F. Taylor, menyebutkan bahwa manajemen merupakan seni mengetahui apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan dan melihat bahwa itu bisa dilakukan dengan cara terbaik dan termurah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Manajemen Menurut Pendapat Ahli"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel