Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Sederhana Menghilangkan Bau Ketiak dengan Bahan Alami

10 Tips alai menghilangkan bau keringat
Bau badan khususnya bau ketiak merupakan masalah yang sangat mengganggu, Banyak faktor yang menyebabkan bau ketiak, salah satunya adalah keringat berlebih. 

Bau ketiak yang tidak sedap bisa menghilangkan kepercayaan diri dan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. maka dari itu, perlu di ketahui cara  yang benar untuk menghilangkan bau ketiak supaya masalah ini tidak lagi membuat Anda risau.

dikutip dari alodokter menyebutkan bahwa Bau badan terjadi akibat perpaduan antara bakteri pada kulit ketiak dan keringat yang dikeluarkan kelenjar keringat di ketiak saat tubuh kepanasan. 

Sebenarnya, keringat bisa dihasilkan hampir di seluruh tubuh. Akan tetapi, keringat yang dihasilkan di ketiak mengandung lebih banyak protein dan lemak.

Kandungan protein dan lemak pada keringat di ketiak inilah yang membedakan bau ketiak dengan bau keringat biasa. Ketika bercampur dengan bakteri, protein akan dipecah oleh bakteri dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Supaya dapat beraktivitas dengan maksimal tanpa kehilangan percaya diri, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda coba seperti dikutip dari alodokter, yaitu:

Baca juga: 5 cara sederhana menghilangkan bekas jerawat

1. Menjaga kebersihan tubuh

Mandilah setidaknya 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore, untuk mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. Saat mandi, bersihkan tubuh secara menyeluruh menggunakan sabun dan pastikan area ketiak dibersihkan dengan benar. Anda bisa mencoba menggunakan sabun antibakteri untuk hasil yang lebih maksimal.


2. Menggunakan deodoran

Setelah mandi, keringkan tubuh Anda dengan handuk lalu oleskan antiperspiran atau deodoran pada ketiak. Antiperspiran dan deodoran memiliki fungsi yang berbeda dalam mencegah bau badan.

Antiperspiran mengandung senyawa berbasis aluminium yang dapat mengurangi produksi keringat berlebih, sementara deodoran membuat suasana kulit menjadi lebih asam sehingga bakteri tidak bisa tumbuh.


3. Menggunakan pakaian yang menyerap keringat

Kenakan pakaian yang yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun dan linen. Selain itu, usahakan untuk segera mengganti pakaian jika pakaian yang Anda kenakan telah basah oleh keringat. Hal ini agar kulit tidak lembap dan bakteri tidak mudah tumbuh.


4. Menjaga pola makan

Makanan yang Anda makan bisa memengaruhi bau badan Anda. Kurangi atau batasi makanan pedas dan beraroma tajam, seperti kari dan bawang, karena makanan-makanan ini dapat membuat keringat Anda berbau lebih menyengat. Bahkan, alkohol pun dapat memengaruhi bau keringat Anda.

baca juga: 10 masker alami untuk menghilangkan kulit berminyak

5. Mencukur bulu ketiak secara teratur

Untuk mengurangi risiko munculnya bau ketiak, Anda perlu untuk mencukur bulu ketiak secara teratur. Pasalnya, bulu ketiak dapat menahan penguapan keringat, sehingga ketiak menjadi lembap dan membuat bakteri penyebab bau badan berkembang biak dengan cepat.

Gunakan serta rutinkan cara menghilangkan bau ketiak seperti diatas supaya masalah bau ketiak tidak lagi muncul. Namun anda juga dapat mencoba tips alami seperti dibawah ini


5 Tips Sederhana Menghilangkan Bau Ketiak dengan Bahan Alami

Seperti dikutip dari Beautynesia.id yang diakses dari situs wolipop.detik 5 tips sederhana menghilangkan bau ketiak dengan bahan alami adalah sebagai berikut:

1. Cengkeh

Cengkeh adalah ramuan tradisional yang mengandung minyak atsiri dan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak dengan mudah. Cukup rendam cengkeh dalam air panas selama 15 menit. Kamu bisa menambahkan madu jika mau meminumnya. Disarankan mengonsumsi minuman ini dua kali sehari secara rutin agar bau badan menghilang.


2. Baking Soda

Baking soda dikenal dengan kemampuannya menyerap bau tidak sedap. Hal ini membuat baking soda jadi bahan deodoran alami yang paling populer untuk mengatasi bau badan.

Baking soda yang dicampur dengan perasan lemon terbukti ampuh menghilangkan bau ketiak bahkan bau badan. Ada salah satu studi yang menunjukkan bahwa baking soda mengandung zat antimikroba yang bisa membantu melawan bakteri penyebab bau badan.

Baca juga: 7 makanan yang membuat kulitmu lebih cerah


3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau ketiak, lho. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan saat mengaplikasikan deodoran pada ketiak. Gunakan jeruk nipis sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.


4. Tea Tree Oil

Tea tree oil mengandung zat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab bau badan. Mengoleskan tea tree oil sebagai bahan deodoran alami bisa menimbulkan rasa perih ketika dioleskan pada area ketiak, namun hasilnya cukup baik untuk menghilangkan bau ketiak. Jika punya kulit sensitif, kamu bisa cek lebih dulu apakah kulitmu punya alergi terhadap tea tree oil.


5. Cuka Apel

Dalam cuka apel terkandung asam tartar yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Asam tartar inilah yang berfungsi sebagai antimikroba.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan cuka apel adalah dengan mengoleskannya menggunakan kapas pada ketiak. Diamkan selama 15 menit lalu bilas. Rutin menggunakan cuka apel sebelum mandi dapat membantu hilangkan bau ketiak.

sumber: alodokter.com, wolipop.detik.com

Posting Komentar untuk "10 Tips Sederhana Menghilangkan Bau Ketiak dengan Bahan Alami"