Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

29 Nama Bayi Perempuan Yang Unik Terinspirasi dari Tokoh Terkenal

Nama Bayi Perempuan

Anak Merupakan anugerah yang terindah bagi setiap orang tua, dengan anugerahi anak perempuan dan laki-laki adalah sebuah kabahagiaan tersendiri bagi orangtua. keluarga akan lengkap dengan hadirnya bayi mungil dan cantik. 

untuk menyambut kehadiran sibuah hati, berbagai persiapan pun dilakukan. diantara semua persiapan yang dilakukan yang sangat penting adalah memilih nama.

Inspirasi nama untuk bayi perempuan sangat banyak beragam. nama diharapkan bisa menjadi doa untuk anak tersebut, seperti misalnya nama yang terinspirasi dari tokoh-tokoh penting. 

Selain memiliki arti yang baik, nama-nama ini menjadi harapan agar kelak sang anak bisa seperti tokoh tersebut. Beberapa tokoh ini, ada yang merupakan ilmuwan, pejuang, hingga artis.


Berikut beberapa nama bayi perempuan terinspirasi dari tokoh-tokoh bersejarah yang telah penulis rangkum:

1. Keumalahayati : merupakan salah seorang perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh. Ayahnya bernama Laksamana Mahmud Syah. Kakeknya dari garis ayahnya adalah Laksamana Muhammad Said Syah, putra dari Sultan Salahuddin Syah yang memerintah sekitar tahun 1530–1539 M. Adapun Sultan Salahuddin Syah adalah putra dari Sultan Ibrahim Ali Mughayat Syah (1513–1530 M), yang merupakan pendiri Kerajaan Aceh Darussalam

2. Cut Nyak Dien : wanita muslim dan pejuang yang gagah berani melawan Belanda hingga akhir hayatnya. Pahlawan Nasional kelahiran Aceh ini adalah bangsawan puteri Nanta Seutia Raja Ulebalang VI Mukim. Berwajah cantik, berbudi pekerti, dan tangkas.

3. Ahed Tamimi : gadis berani yang menjadi ikon perlawanan Palestina terhadap Israel.

4. Anousheh Ansari : wanita muslim pertama yang pernah berada di ruang angkasa.

5. Daisy Khan : wanita muslim mendirikan Organisasi Inisiasi Islam Wanita dalam Spiritualitas dan Kesetaraan (WISE). Ia juga mempelopori Dewan Syura Muslim Perempuan yang di duduki oleh perempuan muslim terkemuka, ulama, aktivis dan pengacara dari 26 negara.

6. Djamila Bouhired : wanita asal Aljazair yang melakukan perlawanan terhadap pendudukan Prancis di Aljazair. Bersama para mahasiswa Aljazair lainnya, Djamila tergabung dalam front pembebasan Aljazair. Tak hanya melalui jalur diplomasi, Djamila kerap aktif dalam jalur baku tembak dengan pasukan Prancis.

7. Dalia Mogahed : wanita Islam pertama yang menjabat penasihat di Gedung Putih. Tugasnya meningkatkan persepsi Amerika Serikat di mata umat Muslim pada masa pemerintahan Barack Obama.

8. Dolores Clara Fernandez Huerta : wanita kelahiran New Mexico yang merupakan pemimpin serikat buruh Amerika dan aktivis pejuang hak asasi. Bersama Cesar Chavez, dia mendirikan United Farm Workers.

9. Hafsha : anak dari seorang ulama, Abu Imran Musa bin Hammad al-Sanhaji. 

10. Hafshah juga seorang ahli dalam ilmu hukum dan akidah.Fatima al-Fihri : pendiri universitas tertua di dunia.

11. Hana Tajima : wanita yang menjadi ikon fashion Muslim paling berpengaruh di dunia.


12. Ibtihaj : atlet muslim pertama di Amerika yang menggunakan hijab. Ia berhasil memenangkan medali perunggu dalam Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016. Selain menjadi atlet, Ibtihaj juga mengeluarkan brand fashion bernama Louella bersama saudaranya.

13. Joan of Arc : pahlawan wanita dari Negara Perancis. Dalam agama Katolik, dirinya dianggap sebagai seorang yang suci dan dijuluki La Pucelle yang berarti sang dara atau sang perawan. Joan of Arc menjadi terkenal karena perjuangannya yang berhasil membebaskan kota Orleans dalam waktu hanya sembilan hari.

14. Kasturba Gandhi : istri dari pemimpin gerakan kemerdekaan India, Mahatma Gandhi. Ia juga mempunyai peran dalam pergerakan kemerdekaan India. Kasturba melakukan kampanye untuk memperjuangkan hak masyarakat sipil dan kemerdekaan India dari Inggris.

15. Cut Nyak Meutia adalah pahlawan nasional Indonesia dari daerah Aceh. Ia dimakamkan di Alue Kurieng, Aceh. Ia menjadi pahlawan nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964

16. Laleh Bakhtiar : Wanita pertama yang menterjemahkan Al Quran dalam bahasa Inggris, yakni bernama Terjemahan Quran Laleh, "The Sublime Quran".

17. Loretta Perfectus Walsh : wanita pertama yang terdaftar sebagai seorang tentara Angkatan Laut Amerika Serikat. Loretta menjadi salah satu ahli strategi pertempuran laut yang ikut andil dalam pertempuran melawan Jerman di front Pasifik.

18. Malala Yousafzai : seorang aktivis yang berasal dari kota Mingora, Pakistan. Ketika masih berusia sebelas, Malala menulis mengenai kerasnya kehidupan di bawah pemerintahan Taliban dan bagaimana sulitnya mendapatkan pendidikan untuk anak-anak dan perempuan di sana. Salah satu kutipan yang populer adalah "Seharusnya jangan ada diskriminasi terhadap bahasa, warna kulit, bahkan agama seseorang".

19. Nana Asma'u : seorang tuan putri, penyair dan guru. Dia fasih berbahasa Arab, Fulfulde, Hausa dan Tamacheq dan fasih dalam bahasa Arab, Yunani dan Latin klasik.

20. Nusaibah binti Ka'ab : pejuang wanita Islam yang juga ikut serta dalam pertempuran di medan Perang Uhud. Di saat pasukan musuh merangsek menuju posisi Rasulullah SAW, Nusaibah dengan gagah berani menghadang mereka dan mengayunkan pedangnya.

21. Nusayba bint Ka'b Al-Ansariyah : pejuang muslimah pertama yang telah ikut berperang di sisi Rasulullah Muhammad SAW dalam membela panji-panji Islam pada awal penyebarannya.

22. R. A. Kartini : tokoh pejuang emansipasi wanita Indonesia.


23. Rab'ia al-Adawiyya : dikenal sebagai wanita sufi yang hidup pada abad ke-8 di Basra, Irak. Ia juga yang mempopulerkan doktrin "Cinta Ilahi.

24. Raziyya : Sultan Delhi yang berkuasa dari tahun 1236 hingga 1240. Terkenal akan keberanian dan kebijaksanaannya.

25. Shafiyyah : muslimah pertama yang membunuh orang musyrik. Shafiyyah juga merupakam ibu dari Zubair bin Awwam, salah satu sahabat dan pembela Rasulullah SAW. Saat perang Shafiyyah dan beberapa muslimah lainnya bertugas mengantar air bagi para pasukan yang kehausan. Selain itu, mereka juga mempersiapkan panah dan mengobati pasukan yang terluka.

26. Shirin Ebadi : wanita muslim pertama yang menerima Hadiah Nobel Perdamaian. Sebagai seorang hakim di Iran, dia adalah wanita pertama yang mencapai status Ketua.

27. Tawakkul Karman : pendiri kelompok Jurnalis Wanita Tanpa Belenggu. Ia adalah wanita yang berani menentang rezim Yaman yang saat itu dipimpin Presiden Ali Abdullah Saleh. Saat itu, presiden Ali Abdullah Saleh tengah menghadapi prahara politik di negeri paling selatan jazirah Arab. Tawakkul juga berhasil menerima penghargaan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2011.

28. Yasmin Mogahed : influencer dan penulis yang sudah mengeluarkan beberapa buku, salah satunya Reclaim Your Heart. Psikolog ini juga meraih gelar Master dalam bidang Jurnalistik dan Komunikasi Massa.

29. Amina : imam wanita pertama yang menciptakan sebuah platform agar pandangan muslim yang beragam dapat disuarakan.

Posting Komentar untuk "29 Nama Bayi Perempuan Yang Unik Terinspirasi dari Tokoh Terkenal"