Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bola Voli : Peraturan dan sarana prasarana Permainan bola voli

Sarana dan Prasarana Permainan Bola Voli

1. Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli

Lapangan permainan bola voli  berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 m dan lebar 9 m, semua garis batas lapangan, garis tengah, garis daerah serang adalah 3 m (daerah depan). 

Garis batas itu diberi tanda batas dengan menggunakan tali, kayu, cat/kapur, kertas yang lebarnya tidak lebih dari 5 cm. lapangan permainan bola voli  terbagi menjadi dua bagian sama besar yang masing-masing luasnya 9 x 9 meter. 

Di tengah lapangan dibatasi garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar. Masing-masing lapangan terdiri dari atas daerah serang dan daerah pertahanan.

Ukuran Lapangan Bola Voli
Gambar Ukuran Lapangan Bola Voli

Daerah serang yaitu daerah yang dibatasi oleh garis tengah lapangan dengan garis serang yang luasnya 9 x 3 meter.

a. Daerah Service

Daerah service adalah daerah selebar 9 meter di belakang setiap garis akhir. Daerah ini dibatasi oleh dua garis pendek sepanjang 15 cm yang dibuat 20 cm di belakang garis akhir, sebagai kepanjangan dari garis samping. 

Kedua garis pendek tersebut sudah termasuk di dalam batas daerah service, perpanjangan daerah service adalah kebelakang sampai batas akhir daerah bebas.

b. Jaring (Net)

Jaring untuk permainan bola voli  berukuran tidak lebih dari 9,50 meter dan lebar tidak lebih dari 1,00 meter dengan petak-petak atau mata jaring berukuran 10 x 10 cm, tinggi net untuk putra 2,43 meter dan untuk putri 2,24 meter, tepian atas terdapat pita putih selebar 5 cm.

c. Antene Rod

Di dalam pertandingan permainan bola voli yang sifatnya nasional maupun internasional, di atas batas samping jaring dipasang tongkat atau rod yang menonjol ke atas setinggi 80 cm dari tepi jaring atau bibir net. Tongkat itu terbuat dari bahan fiberglass dengan ukuran panjang 180 cm dengan diberi warna kontras.


d. Bola

Bola harus bulat terbuat dari kulit yang lentur atau terbuat dari kulit sintetis yang bagian dalamnya dari karet atau bahan yang sejenis. Warna bola harus satu warna atau kombinasi dari beberapa warna. 

Bahan kulit sintetis dan kombinasi warna pada bola dipergunakan pada pertandingan resmi internasional harus sesuai dengan standar FIVB. Keliling bola 64 – 67 cm dan beratnya 260 – 280 grm, tekanan didalam bola harus 0, 39 – 0, 325 kg/cm2  (4,26 – 4,61 Psi) (294,3 – 318,82 mbar/hpa).


e. Pemain

Jumlah pemain dalam lapangan permainan sebanyak 6 orang setiap regu dan ditambah 5 orang sebagai pemain cadangan dan satu orang pemain libero. 

Satu tim maksimal terdiri dari 12 pemain, satu coach, satu sistem coach, satu trainer, dan satu dokter medis, kecuali libero, satu dari para pemain adalah kapten tim, dia harus diberi tanda dalam score sheet. 

Hanya pemain terdaftar dalam score sheet dapat memasuki lapangan dan bermain dalam pertandingan. Pada saat coach dan kapten tim menandatangani score sheet pemain yang terdaftar tidak dapat diganti.


Peraturan Pertandingan Bola Voli

A. Sistem Pertandingan

a)System pertandingan menggunakan system gugur.

b)Pertandingan penyisihan dilaksanakan dengan 2 set kemenangan (two winning set).

c)Pertandingan final dilaksanakan dengan 3 set kemenangan (three winning set).

d)System hitungan yang digunakan adalah 25 rally point.

e)Time out masing masing tim maksimal sebanyak 1 kali setiap set, yang berlangsung selama 30 detik dan technical time out 2 kali setiap set.

f)Apabila ada perubahan atau penundaan waktu pertandingan oleh karena satu dan lain hal maka pertandingan tunda akan ditentukan kemudian oleh panitia.


B. Tim

a)Setiap tim maksimal terdiri dari 10 orang (9 pemain, 1 oficial)

b)Setelah technical meeting daftar pemain dan ofisial yang terdaftar tidak dapat diubah Dan baju berkerah


C. Pemain

Pemain yang diperkenankan bermain adalah peserta yang telah terdaftar sebagai pemain dan telah memenuhi syarat dan ketentuan saat pendaftaran.


D. Tata Tertib Pertandingan

a) Setiap tim datang 30 menit sebelum pertandingan dimulai.

b) Panitia hanya akan memberikan toleransi waktu 5 menit sejak pemanggilan pemain ke lapangan bagi tim yang datang terlambat.

c) Apabila dalam waktu 5 menit tim yang bersangkutan tidak hadir di lapangan, maka tim dinyatakan gugur (WO) dengan skor 3-0.

d) Setiap tim meregistrasi ulang pemainnya kepada panitia 15 menit sebelum pertandingan di mulai.

e) Apabila saat registrasi ulang terdapat anggota tim yang tidak sesuai dengan data yang telah diserahkan kepada panitia pada saat pendaftaran, maka tim tersebut dikenai sanksi.

f) Pemain dan ofisial dilarang melakukan perbuatan, baik verbal maupun non-verbal yang dapat mengganggu atau menyinggung pemain lain, panitia dan supporter.

g) Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan pertandingan pertandingan ini ataupun berita acara pada technical meeting, akan ditetapkan kemudian secara khusus oleh panitia. 


E. Perlengkapan Pertandingan

a) Seragam atau kaos tim harus seragam dan memiliki nomor dan celana harus seragam (warna hitam).

b) Nomor pada seragam tidak boleh sama antara yang satu dan yang lain.

c) Bila ada pemain dalam satu tim memakai seragam yang berbeda maka pemain tersebut tidak diperbolehkan bermain.

d) Setiap pemain menggunakan sepatu olahraga.

e) Pemain dilarang menggunakan dan memakai perhiasan dan barang yang tidak berhubungan, tidak di butuhkan, dan dapat membahayakan keselamatan orang lain.


F. Wasit

a) Peraturan pertandingan mengacu kepada peraturan pemain bola voli PBVSI yang selanjutnya dikembangkan oleh panitia.

b) Regulasi kompetisi ini dibuat untuk kelancaran pertandingan dan acuan dari setiap team dalam kegiatan ini.

c) Keputusan wasit bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.



Posting Komentar untuk "Bola Voli : Peraturan dan sarana prasarana Permainan bola voli"