Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Workout di Rumah dan 8 Workout untuk Membentuk Tubuh Ideal

Workout adalah latihan fisik dengan intensitas tinggi yang dapat dilakukan dengan memakai beban dari luar dan juga beban dari dalam. workout yang dilakukan di rumah adalah jenis latihan yang memakai beban dari dalam, yaitu badan sendiri digunakan sebagai bebannya.

Workout yang dilakukan seseorang bertujuan untuk meningkatkan atau memelihara kebugaran tubuh, bahkan workout dilakukan untuk tujuan menurunkan berat badan. Aktivitas workout ini kini tengah menjadi gaya hidup baru bagi kebanyakan orang khususnya para milenial.

Bagi yang sedang menurunkan berat badan dan juga membentuk tubuh ideal tentunya harus terbiasa untuk berolahraga setiap hari. Olahraga tersebut bisa dilakukan dengan workout di rumah maupun menjadi anggota pusat kebugaran atau gym. 

Berolahraga minimal 3-4 kali dalam seminggu dapat membuat badan menjadi bugar sekaligus membentuk otot. namun tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk berolahraga di gym sehingga memilih melakukan workout di rumah. 

Workout di rumah juga sangat efektif jika dilaksanakan secara benar dan konsisten. lakukan workout minimal 20 menit sehari akan membuat lemak yang ada ditubuh anda rontok.


7 Workout di Rumah Untuk Membentuk Tubuh Ideal

Melakukan workout di rumah sangat efektif bagi anda yang sibuk bekerja dan dapat membuat Anda menghemat waktu dan biaya. workout yang baik umumnya dilakukan minimal 20 menit.

Gerakan-gerakan yang dilakukan pun tidaklah sulit, namun pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk latihan. Adapun berbagai gerakan workout di rumah yang bisa Anda lakukan untuk membentuk tubuh ideal adalah sebagai berikut:

1. Jump Rope (3 Menit)

Jump Rope
Bila dibandingkan dengan jogging selama 30 menit, skipping (jump rope) itu bisa bakar kalori yang lebih banyak. Jadi latihan ini efektif banget untuk bantu menurunkan berat badan. 

Selain itu, gerakan skipping juga bisa melatih untuk dapat berpikir lebih fokus, karena ketika melakukan gerakan mesti koordinasi antara gerakan melompat dan mengayunkan tali. 

Untuk di awal kamu bisa melakukan jump rope selama 3 menit dulu, setelah itu durasinya bisa ditambah hingga 10-15 menit.


2. Jumping Jacks (2 Menit)

Latihan Jumping Jack

Latihan Jumping Jack sangat baik untuk melatih seluruh otot tubuh secara keseluruhan, Cara melakukan jumping jack adalah sebagai berikut; berdiri tegak dengan posisi kedua tangan di samping badan, 

lalu lompat dengan membuka lebar kaki dan tangan ke arah samping. Setelah melompat, kamu mesti kembali berdiri ke posisi semula. Gerakan ini bisa melatih otot-otot tubuh utama, seperti kaki, perut, dada, lengan, dan bahu.


3. Squat (3 Menit)

Squat

Gerakan ini berfungsi melatih otot bagian bawah seperti, betis, paha, pinggul, dan perut. Mulai latihan ini dengan posisi berdiri tegak dan posisi tangan di samping badan, lalu berjongkok hingga posisi paha sejajar dengan lantai, sambil mengangkat kedua tanganmu ke depan badan.  


4. Push Up (1 Menit)

Latihan Push Up

Latihan push up Ini merupakan salah satu gerakan yang efektif buat melatih otot bagian atas, seperti dada, bahu, dan lengan. Selain itu, dengan melakukan push up kamu juga bisa latih otot perut dan meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak supaya perut nggak buncit.


5. Sit Up

Sit Up

Latihan Sit up yang notabene menjadi gerakan favorit masyarakat. Ini dikarenakan gerakan olahraganya cukup simple dan bisa dilakukan kapan saja. Gerakan satu ini dapat mengecilkan otot perut terutama pada bagian perut atas. 


Cara melakukannya adalah mulailah berbaring secara telentang dengan posisi tangan dilipat ke bagian depan dada dan lutut ditekuk. Kalau sudah, angkat badan mendekati lutut, dan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan untuk mengecilkan perut ini selama 30 kali dalam satu sesi.

6. Leg Raise

Leg Raise

Leg raise adalah gerakan yang bertujuan melatih Pada Otot Perut Bagian Bawah  Olahraga ini berpusat pada otot perut bawah. Sehingga, apabila kalian melakukan gerakan ini beberapa kali, pasti otot perut akan terasa panas karena adanya pembakaran lemak. 

Berikut adalah cara untuk melakukan leg raise: Pertama, baringkan tubuh dengan posisi terlentang di lantai. Kemudian angkat kedua kaki sampai membentuk sudut siku-siku. Jika sudah, turunkan kaki tanpa menyentuh lantai dan angkat lagi hingga membentuk sudut siku-siku kembali. 
 

7. Plank (1 Menit)

Latihan Plank

Latihan plank merupakan gerakan olahraga paling simpel, tapi manfaatnya bagus banget buat melatih otot perut dan mengurangi nyeri di panggung karena terlama duduk di depan laptop. Untuk melakukan latihan ini posisi badanmu sama seperti latihan push up, 

Baca juga; Manfaat plank untuk menurunkan berat badan

tapi posisi siku ditekuk 90 derjat dan bagian lengan berhadapan langsung dengan lantai untuk menumpu berat badan. Tahan posisi ini selama mungkin, tapi kalau belum terbiasa cukup lakukan selama 1 menit.   


8. Burpees

Burpees

Burpees merupakan latihan full body dengan intensitas tinggi yang dilakukan untuk tujuan menurunkan berat badan dan meningkatkan kemampuan fisik. Burpee merupakan salah satu aktifitas anaerobik karena lebih dominan tidak menggunakan oksigen sebagai energi utama ketika melakukan latihan.


Melakukan burpees sebagai media untuk menurunkan berat badan, burpees menjadi latihan utama karena impact nya untuk seluruh tubuh. Melakukan burpees secara teratur dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat

Posting Komentar untuk "Workout di Rumah dan 8 Workout untuk Membentuk Tubuh Ideal"