Langsung ke konten utama

12 Makanan tradisional Jawa yang Enak dan Terkenal

Indonesia dikenal tidak hanya mempunyai potensi wisata alam yang sangat indah, tetapi juga keberagaman budayanya yang sangat kental. dengan keberagaman budaya yang sangat beragam, indonesia mempunyai berbagai jenis kuliner yang khas dan mempunyai cita rasa yang menggugah selera.

Makanan tradisional Jawa mempunyai rasa yang sangat beragam ada memiliki rasa manis, pedas, ada pula yang memiliki rasa dari perpaduan semuanya. Rasanya tak pas jika anda berkunjung kebeberapa daerah di provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, ataupun Daerah istimewa Yogyakarta tapi belum mencicipi makanan tradisionalnya. 

Ada yang berupa makanan berat yang bisa kamu nikmati di tempat serta ada pula makanan ringan yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke sana. Berikut ini beberapa makanan khas jawa yang dapat anda coba ketika berkunjung dan ingin menikmati kuliner khas yang menggugah selera.


1. Nasi liwet.

makanan khas jawa

Nggak hanya di Jawa Barat, tapi di Solo juga memiliki makanan tradisional nasi liwet. Nasi ini disajikan dengan potongan ayam yang gurih dan dipadukan dengan sayur labu siam. 

Untuk cara memasaknya juga hampir mirip dengan nasi uduk biasanya. Nggak, ada salahnya jika main ke Solo, mencoba makanan merakyat yang banyak dijual dibeberapa tempat.


2. Mie lethek.

Pernah mendengar makanan mie lethek? Ya, makanan tradisional Jawa ini juga berasal dari Yogyakarta. Makanan ini memiliki tampilan warna yang kusam, yang dalam bahasa Jawa disebut "lethek". Oleh kareana itu mie ini dikenal dengan sebutan mie lethek.

Mie ini berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek, diolah secara tradisional dan tanpa pengawet. Mie lethek juga biasanya dimasak dengan anglo berbahan bakar arang. 

Tidak seperti makanan tradisional Jawa lainnya mie ini cenderung susah untuk ditemukan. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta akan pergi ke daerah Bantul untuk mencicipinya.


3. Gethuk.

Getuk, makanan dari olahan singkong ini begitu lembut di mulut serta penyajian warnanya menarik dan mengguggah selera. Selain itu getuk yang banyak dijumpai di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini juga mengenyangkan. 

Getuk terbuat dari singkong atau ketela rebus yang dihaluskan dan diberi varian warna, penyajiannya pun dilengkapi dengan urap atau kelapa parut yang telah dikukus.


4. Gethuk goreng.

Nah, kalau yang ini sama-sama gethuk, tapi penyajiannya berbeda, biasanya umumnya singkong dikukus dan ditumbuk, namun untuk getuk ini masih ada proses menggorengnya sehingga disebut gethuk goreng.

Getuk Goreng merupakan makanan tradisional Jawa khas daerah Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Rasanya pun manis-manis gurih dan didapat dari campuran gula jawa atau gula merah. Biasanya wisatawan yang membeli getuk ini akan dikemas dengan menggunakan besek dari anyaman bambu.


5. Oseng mercon.

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar kuliner oseng mercon? Kuliner ini bukan sebuah petasan yang diolah menjadi masakan melainkan tumisan tetelan saging sapi dengan bumbu pedas.

Biasanya tetelan ini juga disertai campuran koyor atau lemak daning sapi. Dari suapan pertama, rasa pedas dari oseng mercon ini bisa langsung meledak di mulut. Kelezatanya ini menjadi salah satu variasi kuliner yang ada di Yogyakarta.


6. Jadah tempe bacem.

Di daerah Kaliurang, Yogyakarta kamu bisa menemukan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan parutan kelapa dan garam. Bahan-bahan tersebut kemudian diproses dengan dikukus dan kemudian dicampur dan dihaluskan.

Makanan ini dikenal dengan sebutan jadah, warnanya putih serta bertektur lembut. Jadah juga biasanya dinikmati bersama dengan tempe bacem. Cara menyajikannya juga unik, potongan jadah disusun atau ditumpuk dengan jadah. Sehingga perpduan rasa jadah yang gurih bercampur dengan rasa tempe bacem yang manis.


7. Nasi Gandul.

Nasi gandul, mungkin beberapa daerah gandul memiliki makna lain seperti kates ataupun pepaya. Tapi untuk makanan trsdisional Jawa ini berbeda tidak ada unsur bahan pepayanya loh.

Nasi gandul merupakan kuliner tradisional dari Pati, Jawa Tengah. Cara penyajiannya nasi gandul ini dengan daun pisang. Rasa nasinya juga lebih gurih dipadukan dengan kuah yang segar serta lauk berupa daging sapi yang sudah diolah.


8. Rujak cingur.

Rujak biasanya identik dengan bahan buah-buahan saja, namun di Jawa Timur terutama di Surabaya ada masakan tradisional Jawa yang bernama rujak cingur. Dalam bahasa Jawa, cingur berarti mulut. Di rujak cingur ini memang disajikan dengan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus.

Selain itu juga ada campuran beragam bahan seperti bengkoang, nanas, mangga muda, tahu, tempe, lontong, kangkung, kacang panjang, dan taoge. Semua bahan itu kemudian disiram dengan bumbu dari olahan petis udang, bawang goreng, kacang tanah, cabai dan bahan lainnya.


9. Rawon.

Kalau kalian ingin menikmati makanan tradisional Jawa yang berkuah, mungkin rawon bisa jadi pilihan kulinermu ketika di Surabaya. Yap, makanan ini di dalamnya terdiri dari irisan daging sapi empuk, kuah hitam, serta kecambah mentah yang menghasilkan sensasi renyah.

Biasanya disajikan bersama nasi putih hangat serta lauk seperti tempe goreng maupun telur asin, akan menambah kenikmatan siapa saja yang mencobanya. Rawon ini begitu mudah kamu temui di sudut-sudut kota Surabaya.


10. Semanggi.

Semanggi juga makanan tradisional dari Surabaya. Seperti namanya makanan ini berbahan dasar rumput semanggi, pembuatannya juga dicampur dengan kecambah. Lalu dihidangkan dengan siraman bumbu yang terdiri dari garam, cabai, gula, petis, kacang tanah dan ketela.

Meski sekilas mirip pecel, namun yang membedakan adalah campuran rasa petis dan ketela pada bumbu kacangnya. Biasanya makanan ini jijajakan oleh pedagang yang berkeliling keluar masuk kampung.


11. Pecel Madiun.

Pecel merupakan makanan tradisional Jawa yang dapat dijumpai dibeberapa daerah. Namun ketika teringat kota Madiun, pasti juga akan teringat dengan nasi pecelnya yang menjadi salah satu kuliner yang begitu melekat di kota ini. Dilihat dari penampilannya pecel ini hampir sama dengan pecel pada umumnya.

Namun, yang membuat pecel Madiun ini istimewa penambahan jeruk purut pada bumbu kacangnya, sehingga memberikan aroma dan rasa yang khas. Pecel dapat dinikmati baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam.


12. Jenang Kudus.

Nah, jika kamu berkunjung ke Garut, Jawa Barat biasanya akan menemui oleh-oleh dodol Garut. Di Kudus, Jawa Tengah juga terdapat oleh-oleh jenang Kudus yang hampir sama dengan dodol Garut. Namun pada jenang Kudus cenderung tidak terlalu manis, bertekstur empuk dan lembut.

Jenang Kudus ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan, dicampur dengan gula merah, gula pasir, dan wijen. Adonan tersebut dimasak dan diaduk hingga kental merata. Kemudian setelah matang didinginkan, dicetak dan dibungkus dengan plastik. Perpaduan biji wijen ini juga menghasilkan cita rasa yang gurih pada jenang bertektur legit ini.


13. Soto Kudus.

makanan khas yang terakhir adalah soto kudus. Kalau kamu menikmati soto Kudus langsung di Kudus, kamu akan disajikan soto dengan daging kerbau.

Semakin lezat dengan mangkuk kecil berisi kuah bening ditambah asam Jawa ditambah nasi, mie, tauge, daun seledri dan juga bawang goreng. Biasanya, sate telur puyuh, gorengan, perkedel, dan paru kerbau jadi pelengkap soto Kudus.


Sumber

Postingan populer dari blog ini

9 Tempat Kuliner Enak Di Bireuen Yang Bikin Ketagihan

Bireuen adalah salah satu daerah yang ada di pertengahan antara Banda Aceh dan Medan,  Bireuen sendiri merupakan nama sebuah kota yang ada di Provinsi Aceh, Indonesia, termasuk salah satu diantara kota terbesar yang ada di Aceh.  Dikutip dari wikipedia Kota Bireuen dulunya juga di lintasi oleh jalur kereta Api dari Banda Aceh - Medan. Kota Bireuen meliputi kecamatan Kota Juang, kecamatan Kuala, kecamatan Jeumpa dan kecamatan Juli. Jika anda berkunjung ke kota bireuen namun bingung ingin makan apa? ngga usah sedih. pada postingan kali melykuliner akan mengupas 9 Tempat Makan Enak yang wajib anda coba jika berkunjung ke Bireuen.  9 Daftar Tempat Makan Enak Di Bireuen Berikut ini beberapa daftar tempat makanan yang enak yang ada di Bireuen yang telah melykuliner rangkum sebagai berikut: 1. Sate Apaleh Geurugok Sate apaleh Geurugok merupakan tempat makan paling terkenal di Bireuen. kalau anda ke bireuen anda mesti mencoba makanan yang satu ini. Alamat: Jln. Lintas, Jl. Medan - Banda Aceh,

Pengertian Minat dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat

Minat adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Minat tidak termasuk istilah populer dalam psikologi karena ketergantungannya yang banyak pada faktor-faktor internal lainnya seperti: pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi, dan kebutuhan. Namun, terlepas dari masalah populer atau tidak, minat seperti yang dipahami dan dipakai oleh orang selama ini dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar  dalam bidang-bidang studi tertentu. Penulis menyimpulkan bahwa minat merupakan dorongan yang terlahir akibat suatu rangsangan ketertarikan pada sesuatu, yang sangat disenangi dan membuat diri kita bangga akan hal itu baik itu pekerjaan, kegiatan olahraga dan objek apa saja yang nyaman dan digemari. Pengertian Minat Menurut Pendapat Ahli Menurut Mapiare (1982:62) “minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pengertian, prasangka atau kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada pil

Pengertian dan Prinsip Penyusunan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran mempunyai kedudukan penting terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran yang sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Guru atau pendidik harus mampu menyusun atau merumuskan materi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip penyusuran materi pembelajaran itu sendiri..Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pengertian dan juga prinsip-prinsip penyusunan materi pembelajaran. Pengertian Materi Pembelajaran Materi pembelajaran merupakan bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi. Menurut National Center for Vocational Education Research Ltd ada tiga pengertian materi pembelajaran yaitu: 1) merupakan informasi, alat dan teks yang dip