Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor Penyebab Selangkangan Menghitam

5 Faktor Penyebab Selangkangan Menghitam
Perbedaan warna pada kulit tubuh nggak hanya terjadi pada wajah, tetapi juga pada bagian tubuh yang tersembunyi, seperti selangkangan atau bagian paha atas. 

Selangkangan yang tidak cerah menjadi salah satu faktor masalah kulit yang sering dialami oleh para perempuan. Ini terjadi ketika kulit bagian paha dalam memproduksi lebih banyak melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Ini kemudian disebut dengan hiperpigmentasi.

Permasalahan selangkangan yang hitam dapat dialami oleh semua perempuan. tetapi yang harus dipahami, selangkangan yang menghitam ini bukan disebabkan oleh warna kulit yang dipunyai oleh masing-masing perempuan

Melansir Healthline yang dikutip dari lama kumparan.com, salah satu penyebab mengapa selangkangan perempuan seringkali hitam adalah lecet. Bisa saja, lecet pada kulit timbul ketika berolahraga atau melakukan aktivitas berlebih sehingga kulit mengalami penipisan, gatal dan menjadi lebih gelap.

Adapun yang menjadi penyebab yang membuat selangkangan menjadi menghitam adalah seperti yang telah penulis rangkum adalah sebagai berikut, seperti yang dikutip dari situs kumparan.com.

baca juga: 9 penyebab siklus haid tidak teratur


Penyebab Selangkangan Hitam

1. Ketidakseimbangan hormon

Penyebab yang pertama adalah Ketidakseimbangan hormon, Disaat perempuan tengah mengandung, daerah selangkangan kerap kali akan menghitam. Begitu juga ketika perempuan mengalami menstruasi, yang dimana ketidakseimbangan hormon kerap kali terjadi. 

Disamping itu, efek samping jika anda mengonsumsi obat untuk ketidakseimbangan hormon ini adalah penghitaman di area selangkangan.


2. Paparan sinar matahari

Penyebab selangkangan hitam selanjutnya adalah paparan sinar matahari. Tentu hampir semua Ladies yang membaca tahu jika paparan sinar matahari akan menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dengan begitu cepat. 

Karena itu, penting sekali untuk mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen di area selangkangan ataupun area tubuh yang kamu harapkan tidak akan menghitam dengan cepat.


3. Kulit yang kering

Medicinenet melansir, kulit kering adalah kondisi yang sangat umum dialami yang menyebabkan kulit menjadi gatal dan pecah-pecah. 

Kulit yang gatal dan pecah-pecah ini berpotensi membuat selangkangan menjadi lebih hitam. Permasalahan ini dapat kamu akali dengan melembabkannya dengan produk-produk pelembab seperti body lotion.


4. Gesekan dari baju yang ketat

Gesekan dari baju yang ketat juga menjadi salah satu penyebab selangkangan menghitam, Mengenakan baju yang ketat dapat menimbulkan sensasi terbakar. 

Oleh sebab itu seringkali ketika mengenakan celana jeans ataupun celana dalam yang ketat dapat menyebabkan rasa gatal karena sensasi terbakar.

Baca juga: 10 Tips Sederhana Menghilangkan Bau Ketiak dengan Bahan Alami


5. Gangguan pigmentasi kulit

Penyebab selangkangan hitam yang terakhir adalah Gangguan pigmentasi kulit. Pigmentasi kulit dapat menyebabkan perubahan warna kulit. 

Salah satu gangguan dari pigmentasi kulit adalah hiperpigmentasi yang dimana kondisi kulit menjadi lebih gelap. Hal ini akan menimbulkan bercak-bercak kegelapan pada area kulit tertentu.

Sumber: kumparan.com

Posting Komentar untuk "5 Faktor Penyebab Selangkangan Menghitam"