Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Perkembangan Kognitif Peserta didik

Perkembangan peserta didik adalah suatu bagian dari pengkajian dan penerapan psikologi perkembangan yang secara khusus mempelajarai aspek-aspek perkembangan individu yang berada pada tahap usia sekolah dan sekolah menengah. 

Guru atau tenaga pendidik harus mengetahui tentang Perkembangan peserta didik yang ada disatuan pendidikannya. Pembelajaran yang tidak memperhatikan perkembangan peserta akan membuat peserta bosan atau frustrasi, maka hal ini merupakan masalah penting untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Perkembangan peserta didik yang akan dibahas pada postingan ini adalah pada aspes kognitif peserta didik. 

Apa yang dimaksud Perkembangan kognitif peserta didik? Perkembangan kognitif anak Merupakan semua hal tentang belajar. Perkembangan kognitif meliputi kemampuan anak sekolah memecahkan masalah matematika hingga keberanian anak usia sekolah mengajukan pertanyaan setelah mereka membaca sesuatu. Untuk lebih lengkap mari simak penjelasan dibawah ini:


Perkembangan Kognitif Peserta didik

Perkembangan Kognitif Peserta didik
Proses pembelajaran berlangsung pada setiap peserta didik baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Sehingga kemampuan kognitif sangat diperlukan peserta didik dalam proses pembelajaran tersebut. 

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Kita ketahui bahwa peserta didik merupakan subyek yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran, sehingga perkembangan kognitif sangat menentukan keberhasilan peserta didik dalam belajar.  

Kognitif atau pemikiran adalah istilah yang digunakan oleh ahli psikologi untuk menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memeroleh pengetahuan, memecahkan masalah, dan merencanakan masa depan, atau semua proses psikologis yang berkaitan bagaimana individu mempelajari, memperhatikan, mengamati, membayangkan, memperkirakan, menilai dan memikirkan lingkungannya. (Desmita, 2009). 

Perkembangan kognitif pada peserta didik merupakan suatu pembahasan yang cukup penting bagi guru maupun orang tua. Perkembangan kognitif pada anak merupakan kemampuan anak untuk berpikir lebih kompleks serta kemampuan melakukan penalaran dan pemecahan masalah yang termasuk dalam  proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya. 

Karakteristik perkembangan kognitif peserta didik juga harus dapat dipahami semua pihak. Dengan pemahaman pada karakteristik perkembangan peserta didik, guru dan orang tua dapat mengetahui sebatas apa perkembangan yang dimiliki peserta didiknya sesuai dengan usia mereka masing-masing, sehingga guru dan orang tua dapat menerapkan ilmu yang sesuai dengan kemampuan kognitif masing-masing peserta didik.  

Tidak kalah penting, guru juga harus mengetahui tentang faktor-faktor yang  mempengaruhi peserta didik. Yang sangat sentral dalam faktor-faktor yang  mempengaruhi  perkembangan kognitif adalah gaya pengasuhan dan  lingkungan. Biasanya gaya pengasuhan lebih diterapkan pada anak-anak. 

Pada pengasuhan ini merupakan cikal-bakal perkembangan kognitif tersebut, karena ketika anak diasuh secara tidak sesuai dengan semestinya, ini akan berakibat pada perkembangan kognitif anak, bahkan pada perkembangan mental anak tersebut. 

Lingkungan pun sangat berpengaruh pada perkembangan kognitif, semakin buruk lingkungan maupun pergaulan seseorang maka kemungkinan pengaruh lingkungan pada perkembangan kognitif anak semakin besar.  Dari uraian di atas jelaslah bahwa perkembangan kognitif peserta didik sangat  berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil yang dicapai. 

Posting Komentar untuk "Karakteristik Perkembangan Kognitif Peserta didik"