Langsung ke konten utama

Dampak Pandemi Covid-19 Pada Bidang Pendidikan

Dampak Pandemi Covid-19 Pada Bidang Pendidikan

Pandemi Covid-19 telah berdampat pada semua sektor, sehingga Pemerintah menerapkan kebijakan yaitu Work From Home (WFH) ketika masa Pandemi Covid-19 melanda. Kebijakan ini adalah upaya yang diterapkan kepada masyarakat agar dapat menyelesaikan segala pekerjaan di rumah.

Salah satu sektor yang berdapat dengan hadirnya Pandemi covid-19 adalah sektor Pendidikan. Hal ini yang menyebabkan pemerintah meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar  dengan menggunakan peraturan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan sistem daring

Dengan menggunakan sistem pembelajaran secara daring ini, terkadang muncul berbagai masalah yang dihadapi oleh siswa dan guru, seperti materi pelajaran yang belum selesai disampaikan oleh guru kemudian guru mengganti dengan tugas lainnya. Hal tersebut menjadi keluhan bagi siswa karena tugas yang diberikan oleh guru lebih banyak.  

Dampak Pandemi Covid-19 Pada Bidang Pendidikan

Berikuti ini beberapa dampak dari pandemi covid-19 pada bidang pendidikan khususnya pada proses kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem daring.

1. Keterbatasan Gawai bagi Para siswa

Dampat yang pertama yang dialami peserta didik adalah keterbatasan sarana gawai. Kata gawai ternyata merupaka padanan kata dari gadget. Padanan kata itu persamaan kata atau dengan kata lain sinonim. nah sebagian peserta didik didesa-desa tertinggal banyak yang belum mempunyai laptop, smartphone, bahkan handphone sekalipun. 

Bukan hanya siswanya, tetapi orang tuanya pun tidak punya, hanya sebagian orang tua yang mempunyai handphone dan juga smartphone. ini sangat menyulitkan ketika proses pembelajaran jarak jauh.

Solusinya: Guru-guru harus berkunjung ke tiap-tiap rumah untuk mengajar, tentu hal ini sangat tidak efektif.


2. Kurangnya Penguasaan Menggunakan teknologi

Dampak selanjutnya Keterbatasan Penguasaan Teknologi Informasi oleh Guru dan Siswa. bukan hanya siswa, guru pun tidak seluruhnya paham penggunaan teknologi, terutama guru guru yang menjelang pensiun. mereka kesusahan dengan pembelajaran daring.

sebenarnya Guru memegang peran penting untuk mensukseskan pembelajaran daring. Seorang guru dituntut untuk meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi terutama dalam kegiatan pembelajaran.

Tidak cuma guru, siswa pun demikian, apalagi siswa yang dipelosok desa kurang menguasai teknologi untuk pembelajaran. Sarana dan Prasarana yang Kurang Memadai. Perangkat pendukung teknologi mahal.


3. Jaringan internet

Jaringan Internet dibeberapa desa tertinggal juga masih sangat memprihatinkan. bahkan untuk telpon saja masih terputus-putus. nah, ini merupakan masalah besar ketika pembelajaran daring. 

Padalah pemerintah sendiri telah berupaya memberikan bantuan paket belajar untuk guru dan siswa, namun ternyata juga tidak efektif untuk sekolah-sekolah di desa tertinggal apalagi di desa yang sangat tertinggal.


4. Rasa malas 

Dampak yang selanjutnya adalah kurangnya motivasi bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran. Belajar secara online justru malah menambah rasa malas dan juga sulit untuk berkonsentrasi bagi siswa. 

Hal ini disebabkan kurangnya pengawasan dari orang tua, ditambah lagi di beberasa sekolah siswanya ikut membantu orang tuanya mencari nafkah. 

Banyak juga siswa yang lebih memilih untuk bermain game dan membuka sosial media lainnya dibandingkan dengan belajar. 


5. Pendidikan Karakter Lebih sulit untuk dilaksanakan

Seperti yang diketahui pendidikan karakter merupakan pondasi bangsa dalam menuju generasi emas tahun 2045 mendatang. dengan program pendidikan jarak jauh ini akan sulit melaksanakan penguatan pendidikan karakter.

Karena siswa akan lebih sulit dikontrol dari jarak jauh. Namun pendidikan karakter ini tetap bisa dilakukan jika orang tua/wali siswa mau bekerja sama dalam mengontrol siswa untuk mau melakukan apa yang disampaikan oleh gurunya.

Postingan populer dari blog ini

9 Tempat Kuliner Enak Di Bireuen Yang Bikin Ketagihan

Bireuen adalah salah satu daerah yang ada di pertengahan antara Banda Aceh dan Medan,  Bireuen sendiri merupakan nama sebuah kota yang ada di Provinsi Aceh, Indonesia, termasuk salah satu diantara kota terbesar yang ada di Aceh.  Dikutip dari wikipedia Kota Bireuen dulunya juga di lintasi oleh jalur kereta Api dari Banda Aceh - Medan. Kota Bireuen meliputi kecamatan Kota Juang, kecamatan Kuala, kecamatan Jeumpa dan kecamatan Juli. Jika anda berkunjung ke kota bireuen namun bingung ingin makan apa? ngga usah sedih. pada postingan kali melykuliner akan mengupas 9 Tempat Makan Enak yang wajib anda coba jika berkunjung ke Bireuen.  9 Daftar Tempat Makan Enak Di Bireuen Berikut ini beberapa daftar tempat makanan yang enak yang ada di Bireuen yang telah melykuliner rangkum sebagai berikut: 1. Sate Apaleh Geurugok Sate apaleh Geurugok merupakan tempat makan paling terkenal di Bireuen. kalau anda ke bireuen anda mesti mencoba makanan yang satu ini. Alamat: Jln. Lintas, Jl. Medan - Banda Aceh,

Pengertian Minat dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat

Minat adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Minat tidak termasuk istilah populer dalam psikologi karena ketergantungannya yang banyak pada faktor-faktor internal lainnya seperti: pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi, dan kebutuhan. Namun, terlepas dari masalah populer atau tidak, minat seperti yang dipahami dan dipakai oleh orang selama ini dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar  dalam bidang-bidang studi tertentu. Penulis menyimpulkan bahwa minat merupakan dorongan yang terlahir akibat suatu rangsangan ketertarikan pada sesuatu, yang sangat disenangi dan membuat diri kita bangga akan hal itu baik itu pekerjaan, kegiatan olahraga dan objek apa saja yang nyaman dan digemari. Pengertian Minat Menurut Pendapat Ahli Menurut Mapiare (1982:62) “minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pengertian, prasangka atau kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada pil

Pengertian dan Prinsip Penyusunan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran mempunyai kedudukan penting terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran yang sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Guru atau pendidik harus mampu menyusun atau merumuskan materi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip penyusuran materi pembelajaran itu sendiri..Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pengertian dan juga prinsip-prinsip penyusunan materi pembelajaran. Pengertian Materi Pembelajaran Materi pembelajaran merupakan bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi. Menurut National Center for Vocational Education Research Ltd ada tiga pengertian materi pembelajaran yaitu: 1) merupakan informasi, alat dan teks yang dip